Traveling

Bulan November Ke Jepang Ada Salju

Bulan November ke Jepang ada salju siapa yang gak kaget? Saat saya mengunjungi Jepang pada tahun 2016 silam, tepatnya tanggal 24 November. Ternyata hari itu menjadi hari yang cukup bersejarah untuk masyarakat Jepang.

Masyarakat setempat menyebutnya “special day”, pasalnya salju selalu dimulai atau turun pada bulan Januari, nah hari ini untuk pertama kalinya salju turun di Bulan November.

Jangankan orang Jepangnya sendiri, saya aja kaget bukan kepalang yang baru pertama kali ke Jepang. Bulan november ke Jepang ada salju? Baru ngeh kalau mendadak turun salju tuh pas mendaratkan kaki di Bandara Narita. Oh iya, saat itu saya ke Jepang naik maskapai ANA, di artikel saya yang lain akan saya ulas tentang pengalaman terbang ke Jepang bersama ANA.

Kembali ke cerita bandara, pas keluar pesawat suhu dari dalem kabin pesawat saya pikir udah paling dinging. Ternyata setelah melewati garbarata dan masuk bandara, bbbrrr…. rasanya kaya masuk kulkas. Lagupula saya gak ada persiapan sama sekali untuk musim dingin di sana. Pakaian yang saya kenakan saat turun pesawat juga cuma t-shirt dan celana jeans. Untung saya bawa sweater yang disimpan dalam tas kecil saat penerbangan, lumayan daripada gak ada. Pas ketemu koper yang saya simpan di bagasi rasanya kaya ketemu harta karun, langsung saya bongkar dan mengambil semua pakaian tebal untuk dirangkap-rangkap, suhu saat itu minus 5 derajat, kebayang kan?

Perjalanan saya lanjutkan dari Bandara Narita menuju Tokyo, saya menggunakan transportasi bis, lalu disambung dengan kereta menuju Shinjuku, lalu lanjut ke tempat saya menginap di salah satu rumah penduduk di wilayah Setagaya atau stasiun keretanya Roka Koen Station, saya dapet penginapan ini dari AirBnB.

Sepanjang perjalanan, dari beberapa percakapan masyarakat sekitar yang saya dengar, menurut feeling bahasa tubuh dan ekspresi mereka, lagipula saya gak ngerti bahasa Jepang. haha.. mereka cukup kaget menghadapi salju yang turun lebih awal. Tidak hanya itu, mini market 711 di wilayah saya tinggal, mendadak sibuk mengubah pajangan dagangannya dari sebelumnya makanan dan minuman musim gugur diubah menjadi musim dingin.

Mini market ini juga dipenuhi warga yang ingin membeli menu makanan minuman musim dingin sebagai persediaan. Menurut teman saya yang tinggal di wilayah Shinjuku, special day ini juga cukup membuat kesibukan warga bertambah untuk menghadapi musim dingin yang datang lebih awal, karena semuanya di luar dugaan.

“Ini adalah hari yang spesial buat kami, salju datang lebih awal, kami terkejut, peristiwa ini terakhir terjadi sekitar 54 tahun silam di mana salju turun lebih awal dari biasanya, saat itu salju turun juga sekitar Bulan November,” ujar Mr. Takeshi (59) pemilik rumah tempat saya tinggal di wilayah Setagaya.

Special day ini juga menjadi headline di salah satu surat kabar terbesar di Jepang The Yomiuri Shimbun yang memuat tulisan cukup besar “Hari Pertama Salju“, “Salju terlihat di bulan November untuk pertama kalinya“.

Jadi, kalau ada rencana ke Jepang mendekati musim dingin. Ada baiknya mempersiapkan juga pakaian dingin supaya gak kaget apalagi  kalau tiba-tiba bulan november ke jepang ada salju.

 

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.